Selasa, 06 November 2018

PROBOLINGGO KOTA SERIBU TAMAN

hallo, perkenalkan namaku anggie cahyaning rahayu
biasa dipanggil anggie, aku lahir di probolinggo, 03 juli 1999
aku anak ketiga dari tiga bersaudara, aku punya kakak laki-laki sama kakak perempuan.
ayahku orang probolinggo asli sedangkan mamaku orang medan. kalian tau medan kan? yaa medan sumatera utara. aku tinggal di probolinggo lebih tepatnya desa sukodadi kec. paiton dsn. kampung baru. aku disini bakalan sedikit cerita tentang tempat-tempat yang bagus di daerahku. bukan hanya wisata yang banyak banget dan instagramable banget, selain wisata juga banyak tentang budaya dan makanan probolinggo. kalian tau kan probolinggo identik dengan apa? yups kota mangga dan anggurnya. probolinggo sangat terkenal mangga nya yang enak banget bikin nagih haha. kalian harus coba. wajibb. okay?? temen-temenku udah pada buktiin loh kalo mangga khas probolinggo itu emang enak :p bikinn nagihh :p selain itu probolinggo juga banyak diketahui dengan gunung bromonya adat istiadatnya dll. probolinggo juga ga kalah loh sama malang dan jogja yang punya wisata pinus forestparaknya yang kayak dihutan-hutan gitu loh. daripada kebanyakan ngomong takut kalian bosen :D kuyy aku kasih tau wisata yang wajib kalian datengi pas lagi ke probolinggo.


Kota Probolinggo adalah sebuah nama kota yang terletak  di sebuah kota di provinsi Jawa Timur,kota kecil mungil yang mempunyai index kebahagiaan yang sangat tinggi bisa ditemukan di Kota Probolinggo , berbicara tentang Kota Probolinggo akan ada banyak hal menarik yang bisa kita temukan disana budaya,ciri khas,sampai dengan makanan.
·         Ciri Khas
Kota Probolinggo memiliki ciri khas yang biasa disebut “bayuangga”. Apa sih “bayuangga” itu? Pertama terdapat kata “bayu” yang berarti “Angin”. Angin yang menjadi ciri khas Kota Probolinggo bernama Angin Gendhing. Kata “gendhing” berasal dari nama daerah di Kabupaten Probolinggo. Kemudian “ang” dari kata “Anggur” dan “ga” dari kata “Mangga”.
Kabupaten Probolinggo, Kota yang mempunyai destinasi wisata yang menarik akan anda jumpai di Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Probolinggo. Kota ini merupakan kota terbesar ke-4 se-Jawa Timur dilihat dari jumlah penduduknya.
Kota ini terkenal dengan kota Mangga dan Anggur, kota Seribu Taman, karena kota yang hijau dan bersih. Probolinggo adalah kota dengan banyak destinasi wisata yang indah dan menarik untuk di kunjungi.

Makanan
1. Soto Kraksaan




 Soto Kraksaan ini adalah masakan soto pada umumnya tapi Soto Kraksaan ini dilengkapi dengan irisan kentang yang di kukus di tambahkan kerupuk udang sebagai pelengkap. jika anda berkunjung ke krakasan anda dapat membelinya di utara Masjid Agung Ar-Raudlah dan di sebelah timur Rutan Kraksaan


2. Nasi Glepungan





Makanan khas probolingo yang ke dua adalah nasi glepungan, nasi ini dalam penyajianya terdapat lauk yang tradisional, dengan ragam olahan tradisional ada Ikan Asin, tempe dan tahu penyet, Lalapan, Sambel pedas, Nasi glepungan (Sari-sari jagung), smua di taruh di atas nasi dan siap untuk di santap.
Tempat Wisata di Probolinggo Jawa Timur


Berikut daftar objek wisata probolinggo terbaru yang patut anda kunjungi:
1. Pesona Gunung Bromo
Pesona keindahan gunung ini tiada habisnya. Gunung berapi yang masih aktif ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Mempunyai ketinggian gunung bromo mencapai 2.392 Mdpl.

Gunung ini juga populer dan favorit di kalangan pendaki bersama gunung Semeru. Termasuk dalam 4 wilayah Kabupaten yaitu Kab Malang, Probolinggo, Lumajang dan Pasuruhan.
Di wisata alam probolinggo ini anda akan melihat panorama alam yang menakjubkan. Dengan hamparan padang pasir seluar 10 Km persegi anda bisa jelajah alam di padang pasir ini.
Kawah bromo sendiri memiliki garis tengah sekitar 800 meter untuk utara ke selatan dan 600 meter untuk barat ke timur. Di gunung bromo setiap tahunnya di adakan acara upacara Yadnya Kasada. Kegiatan ini dilaksanakan oleh masyarakat suku tengger yang ada di sekitar gunung ini. Karena mereka mempercayai bahwa gunung Bromo merupakan Gunung Suci.
2. Puncak B-29 Gunung Bromo
Pemandangan alam yang menarik dan mempesona akan tersaji dari atas Puncak B-29. Wisata destinasi favorit dan populer di kalangan pecinta alam dan pendaki.




Wisata ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur. Terkenal dengan keindahan sunrise dan biasa di kenal dengan Negeri atas awan.


Dinamai Puncak B-29 karena puncaknya memiliki ketinggian 2900 Mdpl. Puncak B-29 juga merupakan tempat wisata probolinggo terkenal.
3. Pesona Padang Savana Dan Bukit Teletubies di Gunung Bromo
obyek wisata di probolinggo selanjutnya adalah padang savana dan bukit teletubis yang berada di gunung bromo. Tepatnya berada di selatan gunung Bromo.

Hamaparan padang rumput ini tumbuh di bukit bukit sehingga menyerupai bukit teletubies yang menakjubkan. Lembah gunung bromo juga di kenal dengan nama Lembah Jemplang. Udara khas pegunungan dan panorama alam yang indah pastinya akan membuat anda betah berlama-lama berada di padang savana ini.
4. Pesona Gunung Argopuro
Merupakan Gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi dan menawarkan keindahan alam yang mempesona. Memiliki ketinggian 3.088 Mdpl dan termasuk dalam koplek pegunungan Hyang yang ada di Probolinggo.
Gunung Argopuro memiliki satu puncak tertinggi yaitu puncak Rengganis. Disini juga terdapat situs bersejarah peninggalan sebuah kerajaan.
Situs tersebut merupakan peninggalan zaman purbakala berupa teras berundak dengan 3 komplek area. tempat ini sangat cocok sekali di jadikan sebagai wisata edukasi di probolinggo.
5. Pantai Bentar yang unik
Obyek wisata pantai di probolinggo ini merupakan destinasi wisata yang cukup populer dan favorit di Probolinggo. Di pantai ini anda bisa melihat Hiu tutul yang biasanya muncul pada bulan Januari hingga Bulan Maret.

Anda akan melihat hiu ini dari pantai atau penggunakan teropong agak lebih jelas. Hiu-hiu ini akan berimigrasi ke perairan Indonesia dari Laut Australia karena Kalender Cuaca.
6. Hutan Mangrove Probolinggo
Di Probolinggo juga terdapat hutan Mangrove juga Lho. Lokasinya berbatasan dengan laut lepas.Obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi karena keindahan tempat ini sangat eksotis.



Banyak wisatawan asing dari luar Daerah yang mengunjungi obyek wisata ini. Mereka tidak hanya berwisata saja tetapi melakukan observasi dan penelitian terhadap lingkungan alam. wisata mangrove bjbr di probolinggo juga merupakan destinasi andalan kota ini.
7. Pulau Gili Ketapang di Probolinggo
Sebuah destinasi wisata probolinggo berupa Pulau yang ada di selat Madura. Berjarak sekitar 8 Km dari pantai Probolinggo. Pulau ini di huni oleh Suku Madura.
Pulau dengan luas 68 Hektar ini menwarkan keindahan alam yang luar biasa. Anda dapat mengunjungi tempat ini dengan menyebrang dari Pelabuhan Tanjung Tembaga.
Pantai yang indah dengan pemandangan alam yang mempesona, terumbu karang yang cantik. Kita juga bisa olahraga snorkling di tempat ini.
Dulunya pulau ini satu daratan dengan Pulau Jawa. Tetapi pulau ini memisah saat Gunung Semeru meletus yang menyebabkan gempa dahsyat hingga akhirnya pulau ini memisah dari Pulau Jawa. kalian juga bisa snorkling dan camping disana juga loh.
8. Bukit Bentar di Probolinggo
Panorama alam yang indah akan tersaji di atas Bukit Bentar ini. Bukit ini ramai akan wisatawan yang suka foto-foto, karena pemandangan alam yang indah dan instagramable.

Bukit bentar berada di ketinggian 400 Mdpl sehingga angin di sini sangat menyejukkan. wisata alam ini berlokasi di Desa Curahsawo, Kec Gending, Probolinggo Jawa Timur.
Anda harus berjalan kaki melewati jalan terjal dan menanjak untuk sampai ke puncak bukit ini. Namun semua kelelahan anda akan terbayar lunas saat anda sudah berada di puncak dan melihat panorama alam yang tersaji daripuncak bukit.
9. Madakaripura Forestpark di Probolinggo
Banyak tempat instagenic di sini, pengunjung bisa menikmati berfoto di bawah tebing dengan latar belakang pegunungan Tengger dan Laut Probolinggo. Diantara spot yang disediakan oleh pengelola, terdapat satu spot yang menjadi favorit di lokasi ini, yakni Bunga Matahari.

Untuk bisa mencapai tempat ini, pengunjung bisa melewati arah jalan Surabaya – Banyuwangi. Setelah mencapai di daerah Tongas, tepatnya di pertigaan Tongas, pengunjung menuju ke arah selatan atau arah pertigaan pasar Lumbang, kemudian ikuti arah air terjun Madakaripura. Nah, setelah itu sebelum memparkirkan kendaraan, di area parkir air terjun Madakaripura sudah terpasang banner bertuliskan Madakaripura Forest Park.
Harga tiket masuk di kawasan wisata ini sangatlah terjangkau. Pengunjung cukup merogoh kocek Rp. 5000,- di hari biasa, dan di akhir pekan pengunjung hanya cukup menambah biaya Rp. 5000,- per spot untuk 3 spot wahana (matahari, I love you, tiga roda).
Kalau nanti kalian berlibur ke sana, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan ya, jangan sampai mebuang sampah sembarangan. Silahkan juga berkunjung ke air terjun Madakaripura. Lokasinya masih dalam satu kawasan, jadi tidak teralu jauh untuk sampai di air terjun tersebut.
10. Air terjun Madakaripura di Probolinggo

Air terjun Madakaripura adalah sebuah air terjun yang terletak di Kabupaten ProbolinggoProvinsi Jawa Timur. Air terjun setinggi 200 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Air terjun ini adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tepatnya di lereng Gunung Bromo. Air terjun Madakaripura berada di ujung lembah sempit dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing-tebing curam yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi. Nama air terjun yang berada di ketinggian 1.000 Mdplini berasal dari kata Madakaripura, tanah perdikan milik mahapatih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit. Air Terjun Madakaripura juga kerap disebut Air Terjun Abadi. Hal itu karena air yang dialirkan oleh air terjun ini selalu melimpah dan tak pernah berkurang debitnya.





11. Songa Rafting di Probolinggo


x
Sudah pernah melakukan arung jeram? Jika Anda belum pernah mencoba Rafting di Pakalen, tentu tidak akan merasakan sebuah perjalanan yang menyenangkan. Dan juga tidak mendapatkan besarnya manfaat dari kegiatan tersebut untuk mengembangkan potensi diri. Kebanyakan orang menganggap suatu kegiatan dengan menyusuri arus yang deras merupakan kegiatan yang berpotensi bahaya. Tidak salah tetapi juga tidak benar, karena rafting bukan olahraga yang membahayakan. Uji nyali anda dengan olah raga rafting di songa rafting sungai pakalen di Probolinggo.


Karakteristik sungai Pakalen bertebing dan berbelok, kemegahan air terjun, puluhan jeram (grade 2 s/d 3+) yang excotic, yang akan menguji nyali, panorama alam yang indah,  dan kemolekan gua-gua kelelawar, serta masih ditemuinya beberapa satwa langka seperti burung elang, burung kepodang, monyet, biawak, linsang, tupai dll menjadi daya tarik tersendiri yang dapat Anda nikmati. rasakan juga sensasi rafting yang berbeda
Sungai Pekalen, terletak 25 km dari kota Probolinggo tepatnya terbentang di antara tiga kecamatan berturut-turut yaitu kecamatan Tiris, kecamatan Maron, dan kecamatan Gading. Bantaran sungai yang bisa diarungi berjarak 29 km yang terbagi menjadi 3 area. Dan Songa membagi paketnya menjadi 3 bagian: Sungai Pekalen Atas berjarak 12 km, Sungai Pekalen Tengah berjarak 7 km, dan Sungai Pekalen Bawah berjarak 10 km.
Songa Rafting di Pekalen selain sebagai olahraga yang memberikan manfaat kesehatan secara fisik ternyata juga mampu meningkatkan mental seseorang. Bahkan manfaat secara mental jauh lebih besar dari manfaat kesehatan fisik. Dengan olahraga arung jeram, kita di ajak melupakan rutinitas yang membosankan. Dalam melakukan kegiatan rafting kita akan menemui jeram. Jeram adalah suatu daerah disungai, dimana arus yang dilalui mengalir deras. Arus yang deras ini terbentuk karena adanya perbedaan ketinggian sungai serta adanya bebatuan. Nah dalam kegiatan rafting inilah dimana bagian yang seru ketika kita berani menghadapi jeram-jeram yang menantang. Pelajaran yang dapat diperoleh adalah bahwa hidup ini penuh dengan tantangan dan kita harus berani menghadapi dan melewatinya.


dan masih banyak lagi tentang probolinggo, ga mungkin kan aku masukin semua *padahal pinginnya gitu :( tapi gapapalah. pokoknya kalian bakal kerasan deh dan ga bakal pingin pulang selalu pingin datang kembali terus :p seminggu aja ga cukup butuh sebulan atau dua bulan atau bisa-bisa kalian gamau balik lagi haha untuk kalian bisa datengi tempat-tempat wisata yang sangat menarik. dijamin ga nyesel deh kalo kalian dateng kesana. pokoknya di jamin kalian pasti bakal punya kenangan dan pengalaman yang seru abis deh pastinya dan gabakal terlupakan :') cukup mantan yg kita lupain :p wkwk 
udah sekian yaa temen-temenku semuanyaa ;;) semoga kalian sukaaa yaa. kalo aku ada salah tulisan tolong maklumi yaa haha :p apapun yang kalian lakukan jangan pernah lupa ibadah dan kalo datang kemanapun tetap selalu jaga kebersihan ya semuaa. okayy? ;) see you gaes di lain critakuu ;) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perkembangan dan Kemajuan Teknologi

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai...